Lihat dan Temukan sesuatu yang Baru

Selasa, 22 Februari 2011

MATA KULIAH SEMSTER III

Makassar, 28-08-07
SEJARAH MARITIM INDONESIA
- Sejarah  merupakan dialog antara sejarawan dengan sumbernya atau pecakapan antara masa lalu dengan masa kini.
- Maritim adalah laut yang Infrastruktur
- Marine adalah suatu yang berbicara menganai laut sebagai sumber biota laut. Contohnya Indonesia yang pada awalnya meliputi Kalimantan, Sumatera, jawa, dan Sulawesi.
- Sejarah maritim Indonesia, berbicara mengenai sejarah pelayaran atau mengkaji mengenai laut sebagai Infrastruktur/jalur perdagangan dan pelayaran yang menghubungkan pulau-pulau Indonesia dengan pulau-pulau lainnya
- Marieliberium              Laut Bebas
- 1476 Torlenko = Marie Clausum (Laut tertutup)
- 1602 (Masa VOC) ada 2 yang bertentangan yaitu;
Marie Liberium dan Marie Clausum
- Dalam sejarah pelayaran Indonesia yang manual pertama kali yaitu;

SRIWIJAYA

MAJAPAHIT

MAKASSAR                BATAVIA



SURABAYA    SEMARANG     BATAVIA
- Mengapa orang turun ke laut, Alfred Theodor Mokan berpendapat:
v  Karena memiliki wilayah pantai
v  Penduduknya banayak dan tinggal di pesisir
v  Pemerintah
v  Mencari hubungan dengan daerah lain (Perdagangan Maritim)
v  Ingin memiliki materi yang tidak dihasilkan sendiri
- Kennet R. Hall berpandapat:
  • Abad XIII Dunia maritime mulai marak

      Zona perdagangan Maritim;
v  Zona selat Malaka (Malaka) Tekstil
v  Zona perdagangan laut cina selatan (Vietnam) Porselen
v  Zona perdagangan laut Jawa (Kediri) Rempah-rempah dan kayu Cendana
v  Zona pedagangan laut Sulu (Jailolo)  Gula

Makassar, 1-09-2007
      Zona perdagangan laut jawa
- Majapahit     Hegomoni

- Perdagagangan beras dan tekstil dimana beras di ambil dari Sulawesi yang kemudian di perdagagangkan di maluku/di tukar dengan Rempah-rempah (Cengkeh+Pala+Bunga pala). Pada XII sampai XVI sumbernya yaitu dalam kitab Negara kartanegara yang di tulis oleh Mpu Prapauca (1364-1365).
- Jalur Pelayaran Majapahit
  • Singaraja
  • Salaprah (Lombok)
  • Sumbawa+Bima         
  • Maluku
  • Sulawesi
ü  Luwu
ü  Bantaeng
ü  Selayar
ü  Makassar
  • Kalimantan
  • Malaka (1800)
  • Pamalaya
ü  Banjarmasin
ü  Banten
ü  Jawa Timur

MALAKA
      Zona perdagangan selat malaka
  • Tkstil               Persia (Turkey) Permadani
- Pelaut dan pedagang masuk Sulawesi
  • Pengaruh dari Jawa (Pelaut dan Pedagang)
  • Pengaruh pedagang dan pelaut Melayu semenjak masuknya membawa pengaruh besar terhadap makassar yaitu  terjadi pelayaran dan perdagangan dari Makassar ke Melayu/Malaka.
  • Pengaruh dari Portugis/pengaruh dari China
- Tome Peres, “Semua Oriental”.
- Orang Makassar (1513) dating ke Malaka
  • Datang membawa Beras yang Putih dan sedikit Emas, memakai Keris Perawakan sama dengan Orang Siam, atau Bajak laut menghindari dari mereka.
  • Yang dating membawa budak memakai tombak membwa Istri dan Anak.
- Makassar sebelum abad XVI
  • Kalimantan      Gramdos Ilha de Macazar (Pulau Makassar yang Besar)
  • Sulawesi          Ilhes dos Macazar (Pulau-pulau Makassar)

Makassar, 02-10-2007
- Jaringan Perdagangan
v  Makassar :
  • Jalur Siam           Melayu            Patani (Ke barat)
                   Perdagagan Makassar ;
ü  Orang makassar (Sulawesi Selatan)
ü  Orang Bajo/orang Laut
  • Jalur keselatan ; Surabaya, Flores, Sumbawa, Lombok.
  • Jalur ke timur ; Kemaluku pada abad XVI, sekitar tahun 1559 perdagangan Rempah-rempah ke Malaka
  • Jalur ke Utara ; Ke Sulawesi Utara (Jailolo) = Budak bajak Laut = Illanun, Mendanau, Balangingi “Orang Makassar tidak Pernah diganganggu oleh Bajak laut”.
Oktober-April, Mey = musen Barat
Januari-September = Musen Timur
Januari-Februari = Musen Utara
Januari-Juli = Musen Tenggara
- Pada tahun 1667-1669, terjadi peperangan, dan akhirnya Makassar Jatuh.
- Keberhasilan Makassar
v  Setiap pedagang Asing memiliki Logi  di Makassar
v  Pusat perdagangan Rempah-rempah
v  Pedagang Makassar memiliki Logi di luar negeri;
  • Bauda yang penghasil Pala
  • Manila
  • Macao
v  Kota yang bercorak Metropolitan, di huni oleh berbagai Etnis suku yang tinggal bersama.
- Faktor yang membuat makassar menjadi kota pelabuhan Iternasiona adalah:
v  Menguasai kerajaan-kerajaan kecil yang ada di sekitar Makassar
v  Membiarkan pedagang Asing untuk membuat Logi di Makassar
v  Politik pintu terbuka
v  Menjual rempah-rempah lebih murah dari pada Maluku
- Trade Diaspora adalah Diaspora yang melakukan perdagangan keluar daerah (Keluar)
- Trade Network adalah Jaringan yang melakukan perdagangan ke dalam daerah (Masuk)
- Lintas Budaya Niaga (Cross Culural traal)



-    Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna (1510-1545)
ü  Tallo
Cikal Bakal Makassar
ü  Sombo Opu
Karaeng Pattingalloang
ü  Kerajaan akan runtuh apabila raja tidak mau dinasehati atau ditegur
ü  Kerajaan akan hancur apabila tidak ada orang Pintar
ü  Negara itu akan hancur apabila pejabat, Hakim,Tumabicara, mendapat sogogkan atau suap.
ü  Apabila terjadi banyak kejadian yang luar biasa atau bencana, Kerajaan itu akan hancur.
ü  Apabila rajanya tidak lagi menyayangi Rakyatnya maka Negara kerajaan itu akan Hancur.
- Penyebab kemunduran Makassar setelah perang Makassar yaitu;
v  VOC Mengusir semua pedagang asing yang ada di Makassar
v  Semua pedgang atau orang Makassar dilarang berniaga ke Timur
v  Semua Bandar Makassar menjadi taklukan VOC
v  Makasar dijadikan Pos pengamanan Rempah-rempah di Maluku.
v  VOC menutup wilayah Makassar dari Zona Pantai sehingga para pedagang dan para pelaut Makassar melakukan Eksodus ke arah barat.
- Pola perdagangan antar pulau;
v  Pelayaran Pesisir
v  Pelayaran Laut (antar pulau)

Makassar, 6-11-2007
- Batavia Pusat VOC didirikan tahun 1602
- VOC memiliki hak Proid (monopoli)
-Sebab-sebab Monopoli;
  • Produksi suatu daerah tetap tidak berubah
  • Keuntungan Orang Lain menjadi kerugian diri sendiri
  • Kekayaan adalah sumber kekuasaan
- 27 September 1799 VOC runtuh
- Pada tahun 1832 angin bebas mengenai perdagangan bebas mulai terdengar
- Kebijakan pelabuhan bebas pada tahun 1832 yang dinamakan Reak
- Pada tahun 1847 Pelabuhan Makassar bersaing dengan Pelabuhan Singapura.

Makassar, 13-11-2007
- Inggris mengadakan perdagangan bebas dengan mengndalkan Industri/Pemasaran
- Belanda mengadakan Monopoli
- Industri dibagi 2;
ü  Peamasaran hasil Industri
ü  Mencari bahan baku Industri yang dimaksud dengan Contrey Traders
- Contrey Traders yaitu Bekas pegawai EIC yang digaji oleh Inggris
- Brithis EIC atau kata lainnya adalah Brithis East Indie-Compagnie
- 1819 Thomas Stamford Raffles, mendirikan Singapura
- 1812-1816 Thomas Stamford Raffles menjadi Gubernur Hindia-Belanda.
- Pelabuhan di Singapura berkembang dengan PerdaganganYaitu antara lain;
ü  Pasar Produksi Laut
ü  Teripang
ü  Sirip Ikan Laut
ü



- Inggris dan Cina              Bugis
Membangun Singapura
  Agar-agar
- Eropa Penghasil The/Tekstil
- Cina Memproduksi teh
- Bugis penghasil tekstil dan porselin
- Perbedaan Makassar dengan Singapura antara lain;
v  Makassar:
  • Makassar lebih menguntungkan karena memiliki wilayah perairan yang Strategis
  • Memiliki pedagang dan pelaut yang ulung
  • Jalur perdagangan ke Cina lebih mudah berada pada posisi jalur produksi laut
  • Jujur, adil, mudah memaafkan.

v  Singapura:
  • Dikelilingi oleh perahu karang
  • Hanya memiliki pemilik modal
  • Berada di semenanjung malaka
- Pada tahun1847;
  • Pelabuhan bebas (luar Jawa dan Madura)
  • Pelabuhan wajib pajak (Tol Gebel) Jawa dan Madura, Batavia, Semarang, dan Surabaya
- Pada tahun 1872;
  • Kemajuan perdagangan Makassar tidak memberikan Keuntungan pada pemerintahan Hindia-Belanda
  • Perdagangan Makassar hanya menguntungkan pedagang asing
- Pada tahun 1904-1908;
  • Ekspedisi Militer Oleh Van Heutes untuk pembatalan
  • Pemusatan Bandar Transito ke Batavia, Semarang, dan Surabaya.
- Pada tahun 1906:
  • Semua pelabuhan Hindia-Belanda menjadi pelabuhan wajib pajak.

Makassar, 20-11-2007
- Pejabat Belanda + Ekonomi Belanda
- Perdagangan Makassar menguntungkan semua Pihak
- Pada tahun 1872 pemerintahan Hindia-Belanda menaghapus pelabuhan bebas dan Makassar
- Mengapa perdagangan Makassar menggempur pelabuhan Jawa? Karena pemerintahan menetapkan  pelabuhan di Jawa sebagai Wajib Pajak, Pemerintah mewajibkan  semua barang yang berasal dari luar singgah di pelabuhhan Jawa, sehingga pemasarannya tidak berkembang karena mahal.
- Perdagangan Makassar menguntungkan semua pihak tetapi Belanda merasa tidak di untungkan karena perdagangan bebas (Senjata) dapat membahayakan pemerinthan Hindia-Belanda, untuk menjaga hubungan dagang (tidak menjual senjata secara Bebas. Ini semua adalah kebijakan dari pemerintahan Hindia-Belanda).
- Jika Makassar menjadi pelabuhan wajib Pajak pelaut dan pedagang Sulawesi akan di alihkan atau di pindahkan ke Bandar-bandar Asing (Singapura,…….)
- Aktivitas perdagangan Hindia-Belanda akan Berat
- Akan terjadi perdagangan gelap dan perdgangan liar.
- Kenyataan Aktivitas Politik Hindia-Belanda adalah:
  • Masih Banyak kerajaan yang berstatus merdeka dan berdaulat
  • Dunia perdagangan Maritim di Hindia-Belanda di kuasai oleh pelaut dan pedagang Sulawesi Selatan
  • Pelabuhan-pelabuhan Asing tetap melakukan kebijakan pelabuhan bebas , sedangkan/sementara pelabuhan Hindia-Bealanda menerapkan kebijakan pelabuhan wajib pajak untuk Batavia, Semarang, dan Surabaya.
- Pada masa Gubernur Van Heutes (1984-1908) merancang strategi baru yaitu melakukan Ekspedisi menaklukan Kerajaan yang berdaulat dan merdeka (Zued Celebes Ekspedetion 1905), yaitu memuat mandate pernyataan pendek (Korte Verklering).
- Verdrak yaitu perjanjian dan berubah menjadi Contrack pada tahun 1824 yaitu Carge Contrack (perjanjian/Plekat Paujahg)
- Perjanjian Antara lain;
  • Status sama
  • Ada tawar-menawar diantra kedua pihak pada butir-butir perjanjian
  • Menguntungkan pihak-pihak yang melakukan perjanjian
- Pada tahun1906 semua pelabuhan  bebas dihapuskan digantikan dengan kebijakan wajib pajak (Tol Gebried)
- Pada tahun 1889, KPM (Konniklijk Pakevarat Maatscheppij) menangani pelayaran antar pulau and pesisir.
- Aktivitas palayaran Belanda berhasil dilakukan oleh KPM diberikan hak Monopoli yaitu;
  • Hak Bongkar + Muat yang pertama
  • Mendapat Subsidi pemerintah
  • Memasuki Pelabuhan-pelabuhan kecil menyebabkan penggunaan pelayaran perahu layar berkurang
- Peran Pelabuhan wajib pajak yaitu untuk mengembangkan pelabuhan di Jawa dan Madura dan pelabuha diluar jawa dan Madura.

Makassar, 20-09-2007
PENGANTAR ANTROPOLOGI
Di Eropa pengantar Antropologi mulai di kenal pada masa Reneasance pada saat bangsa-bangsa barat mulai berlayar keluar/ke benua lain.
Di Amerika Serikat yang berkembang adalah yaitu Sosilogi yaitu Masyarakat Amerika Serikat Mulai memperhatikan bangsa asli disana yaitu Indian.
Di abad XX  mereka melihat gejala-gejala berbeda dimasyarakat sehingga mulai melakukan penelitian (Emile Durkhein).
Dalam praktek Antropologi menggabungkan  Sosiologi dengan Etnografi.
Hasil dari penelitian;
Sosiologi         Survei              Kursioner
Etnografi        Kelapangan    Hidup dan bergaul di sana
Antropologi merupakan secara menyeluruh/mewarisi dari metode Survei dan ke lapangan tetapi lebih berorientasi pada Etnogravi. Sedangkan Sosiologi cenderung pada masyarakat Modern, dan sosiologi juga merupakan masyarakat Homogen.
Penelitian dilahirkan dengan cara Kuisioner,/mengambil sampel-sampel kemudian membuat data Statistik.
-  Etnografi cenderung pada masyarakat sederhana
- Antropologi cenderung pada Masyarakat Purba yang tidak hanya mengadopsi Etnografi tetapi juga Biologi
- Antropologi merupakan adanya keingintahuan untuk mengatasi/mengkaji segala-segala kehidupan Manusia, dan Antropologi cenderung menyebut penduduk kota Sebagai Urban, dan Antropologi juga merupakan masyarakat Heterogen.
- Kuisioner merupakan sampel 100 diambil 20 di bagi berdasarkan kelas Sosial, Agama, Pekerjaan, Jenis kelamin, dan lain-lain.



Makassar, 27-09-2007
-  Sosiologi hanya melihat nilai, tetapi Antropologi mengkaitkan dengan Agama,      kesenian dan sebagainya.
- Etnologi melihat suatu komunitas Sosial berdasarkan  Etnis/Suku masyarakat/Bangsa/mempelajari tingkah laku dan tulisan.
- Etnos sama dengan Etnis. Sedangkan Grafi merupakan Gambaran atau tulisan.
- Sosiologi melihat manusia dengan Kebudayaan. Sedangkan Antropologi melihat manusia secara keseluruhan dalam satu pun dari gerakan yang dilakukan oleh seseorang di perhatikan dengan baik karena setiap gerakan mengandung makna.
- Itergralistik merupakan suatu berpikir menyeluruh
- Pendekatan Holistik melihat di berbagai Ilmu Antropologi bersifat Universal tetapi juga bersifat Partikuiler yaitu ada batas-batasnya.
- Secara formal Antropologi terkait dengan upaya mencari daerah baru yang di dorong oleh kemajuan Ilmu pengetahuan yang mana factor Ekonomi paling dominant.
- Ciri-ciri cara kerja Antropologi adalah;
  • Meneliti (Observasi)
  • Mengembangkan Metode wawancara
  • Mengembangkan metode penelitian lapangan
  • Dia menyadari bahwa satu komunitas tertentu ada dimensi Universalnya tetapi ada juga dimensi partikulernya.
Komunitas merupakan kehidupan bersama pada satu wilayah tertentu yang di tandai dengan pengembangan nilai-nilai dan kebudayaan bersama.
Sejarah meneliti sumber-sumber tertulis (arsip), Sejarah tidak menggunakan metode Wawancara karena pada kemungkinan bahwa nara sumber memberikan penjelasan yang dikarang-karang, selain itu juga karena pertimbangan pemikiran seseorang yang terbatas.

Makassar, 31-08-2007
- Ada 2 era yaitu;
  • Era Klasik/Tradisional
  • Era Modern
- I’Indie Exterieure
  • Pengaruh India di Indonesia
  • Annan Cochin ets di China.
- Fahien
  • I-tsie

Makassar, 28-09-2007
v  Inggris tidak campur tangan dalam Birokrasi, sedangkan Belanda Ya.
v  Pemetaan Wilayah (Kerajaan bersekutu dan tak bersekutu). Inggris tidak ada Intervensi, sedangkan belanda ya.
v  Inggris lebih mengutamakan aspek Pendidikan dan Industri, sedangkan Belanda terbatas.
v  Inggris menggunakan Orang-orang dari China untuk memajukan Industrinya.
v  Inggris meninggalkan wilayah jajahanya tanpa utang.

- Sumber peristiwa adalah abadi yang menyimpan peristiwa sepanjang Zaman.
- Antropologi iu mencari yang umum tetapi mempunyai yang spesifikasi
- Sejarah melihat Proses perubahan pengetahuan yaitu
  • Objek yang berupa sumber tertulis/Masa lampau
  • Metede ini mengupulkan kritik sumber, kemudian dikumpulkan menjadi kisah
- Menurut Elwhite
  • Pekerjaan dimulai oleh manusia
  • Pekerjaan dimulai oleh Hewan
  • Pekerjaan dimulai oleh Api
  • Pekerjaan dimulai oleh Mesin
- Teori Promiskuitas yaitu kepala rumah tangga bias laki-laki dan perempuan
- Menurut Spenler adalah sifat hukum pada awalnya bersifat sakral Sanksi/Resiko terhadap pelanggaran pada alam
- Morgan menjadi 3 Zaman;
  • Zaman Liar yaitu berpindah tempat.
  • Zaman Barbar yaitu bercocok tanam
  • Zaman Tamaddun yaitu manusia sudah menetap dan sudah mengenal Logam
- Ada beberapa macam teori antara lain;
  • Teori Evolusionisme adalah paham mengenai perubahan secara Lambat
  • Teori Difusiolisme
  • Teori Fungsionalisme
  • Teori Fungsionalisme Struktural
  • Teori Kongnitifisme
  • Teori Steukturalisme
  • Teori Prosesualisme
  • Teori Fransaksionalisme
  • Teori Intirpretasi Simbolih
  • Teori Postrukturalisme
  • Teori Posmoderisme
- Wujud Kebudayaan adalah;
  • Idea merupakan suatu kepercayaan, nilai, norma, Intruisi, Pengetahuan, dan lain-lain.
  • Tidakan merupakan Prilaku yang berpola
  • Benda yang dapat dilihat dan di amati.
- Sistem adalah suatu komponen yang saling terkait dengan komponen lain.

Makassar, 26-11-2007
KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN
Penyusutan Arsip
- Tujuanyan adalah pemberdayaan Arsip-arsip Ingaktif
- Kearsipan sama dengan Sistim
- Arsip di bagi 3 yaitu;
  • Arsip Aktif
  • Arsip Ingaktif
  • Arsip nonaktif
- JRA (Jadwal Retensip Arsip) yaitu suatu ketetapan dari lembaga atau badan-badan yang bersangkuatan untuk dijadikan contoh sebagai masa guna dan nilai arsip
- Pernyataan dalam penilaian kegunaan Arsip adalah;
  • Penilain Tindaka untuk menentukan tinggi rendahnya penggunaan Arsip, tetapi juga Frekuensi penggunaannya.
  • Kenilaian di selenggarakan terhadap arsip-arsip dinamis, dulu hubunganya penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi
  • Penilaian harus memperhatikan arti sumber
  • Arsip Penilaian diselenggarakan atas dasar pengetahuan seluruh dokumentasi dan pengetahuan Oganisasi
  • Disamping untuk menentukan kegunaanya bagi Organisasi yang menciptakan arsip penilain juga untuk memperhitungkan kegunaan-kegunaan lainnya.
- Prosedur pemindahan Arsip Ingaktif adalah Record Center adalah sebagai berikut;

No.
Jenis Arsip
Tahun
Volume
Keadaan
Keterangan

1
………………..
………....
…………
………….
……..…….

2
……………..…
………...
…………
………….
……….…..

Kearsipan di bagi 3 yaitu;
  • File yaitu semacam satu bentuk file yang baru file ini juga biasanya digunakan secara langsung yang biasanya disebut arsip aktif yang penggunaanya minimal 5 kali dalam setahun, kalau di bawah 5 kali di gunakan dalam setahun namanya Ingaktif.
  • Record berupa arsip Ingaktif merupakan Kearsipan yang digunakan di bawah 5 kali digunakan dalam setahun.
  • Archive
- Arsip dinamis ada 2 yaitu
  • Arsip Aktif
  • Arsip Ingaktif
- Undang-undang No.7 Tahun 1971 dalam kearsipan;
  • Arsip itu berupa naskah-naskah yang dibuat atau diterima oleh lembaga Negara dan badan-badan pemerintahan dalam bentuk dan corak apapun baik dalam kata tunggal maupun dalam data kelompok dalam rangka melaksanakan kegiatan pemerintah.
  • Naskah-naskah yang dibuat dan diterima oleh Swasta dalam bentuk corak apapun, baik dalam keadaan tunggal atau kelompok dalam rangka pelaksanaan kebangsaan.

Makassar, 31-08-2007
FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN
-     Filsafat berasal dari bahasa Arab, sedangkan Filosofia berasal dari bahasa Yunani.
-     Filosofia dibagi menjadi 3 antara lain:
  • Logika                                    
  • Pisich              Ke tiga ini berkembang pada abad IV SM
  • Etnik
-     Yang paling penting adalah Epistimologi atau yang biasa disebut filsafat Ilmu Pengetahuan.
-    Sosiologi adalah Ilmu tentang pengetahuan berfikir.
-    Menurut Ilmu;
  • Empirisme adalah suatu pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman yaitu sesuatu yang pernah di alami.
  • Fenomologi adalah suatu pengetahuan yang diperoleh dari suatu gejala kejadian pada manusia
  • Pemikir Keilmuan adalah suatu pengetahuan atau kebenaran koherensi dan korespondensi.
-    Kebenaran adalah kesesuaian
-    Empires adalah suatu kebenaran yang tidak Ilmiah yang berupa;
  • Kebenaran Praktis (Seorang Kepala Desa makan lalu mati)
  • Apriodi (Pengetahuan dahulu)
  • Finomologi berupa Common sense adalah Logika.
- Pemikir keilmuan;
  • Kebenaran Koherensi adalah kebenaran Statis yaitu dari satu masa benar dan seterusnya benar
  • Kebenaran Korespondensi adalah penyesuaian pernyataan tentang fakta dengan fakta sendiri
  • Kebenaran Pragmatis adalah kebenaran yang di anggap benar apabila bermanfaat.

Makassar, 06-09-2007
- Dalam Filsafat menyangkut 3 bagian antara lain;
  • Logika
  • Etika
  • Estetika
- Landasan Pengetahuan;
  • Ontologis
  • Epistemologis
  • Oksiologis
- Syarat-syarat berpikir Filsafat adalah;
  • Menyeluruh maksudnya memahami secara keseluruhan
  • Mendasar
  • Spekulatif
- Proses dalm Filsafat adalah
  • Deduktif yaitu dari Umum ke khusus
  • Induksi yaitu dari khusus ke umum
- Ilmu Filsafat antara lain;
  • Bermetode
  • Bersistem
  • Hirmeneutik
  • Aplikasi

Makassar, 21-09-2007
Sumber-sumber pengetahuan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, dimana saja, kapan saja terdapat sumber pengetahuan antara lain;
  • Rasio/Rasionalisme yaitu berpikir Logis
  • Pengalaman atau Empirisme
  • Entuisi yaitu pengetahuan yang dating secara tiba-tiba
  • Wahyu.

Makassar, 28-09-2007
- Tingkatan Ilmu pengetahuan ada 3 yaitu;
  • Tahap Religius
  • Tahap Metafisika
  • Tahap Positif

Makassar, 05-10-2007
- Filsafat dibagi beberapa bagian;
  • Filsafat Ilmu
  • Filsafat Pengetahuan
  • Filsafat Ilmu Pengetahuan
- Landasan Pengetahuan
Ontologis Yaitu kelompok pertanyaan apa
Aksiologis yaitu menanyakan tujuan
Epistemologi yaitu kelompok pertanyaan mengapa/cara dan metodenya.
Ontologis:
  • Objek materi adalah suatu apa yang di kaji
  • Objek Formal adalah suatu pendekatan keilmuan
Contoh:
ü  Objek Materi adalah Spidol
ü  Objek Formal adalah Sosiologi, Ekonomi, Sejarah dan lain-lain.
Aksiologis adalah Tujuan:
  • Menulis
  • Menggambar
Epistemologi
  • Mengapa adalah suatu alasan (Sebab akibat)
  • Bagaimana adalah suatu cara/metode
-  Social Fact yaitu bersumber pada buku
- Menti Fact yaitu cerita-cerita yang menyebar di masyarakat dan di yakini kebenarannya dalam Masyarakat

- Ada beberapa definisi pengetahuan antara lain:
  • Pengetahuan adalah suatu yang ada atau yang di anggap ada jadi apa saja yang dapat digerakan oleh panca Indera kita.
  • Pengetahuan adalah suatu hasil persesuaian antara subjek (manusia) dengan fakta yang ada dan dianggap ada
  • Pengetahuan adalah suatu persesuaian antara Deduktif dan Induktif
  • Pengetahuan dibagi menjadi beberapa bagian antara lain;
ü  Konkrit
ü  Abstrak
ü  Etika dan Estetika
ü  Supranatural.
- Filsafat Teknologi
  • Aspek Ontologis
  • Aspek Aksiologis
  • Aspek Efistemologi
-     3 difinisi Teknologi
  • Cara/proses untuk membuat sesuatu yang mampu/lebih mengembangkan keterampilan manusia
  • Proses penerapan dan pemanfaatan pengetahuan yang menghasilkan nilai tambah bagi kebutuhan manusia
  • Proses penerapan dan pemanfaatan pengetahuan dan Ilmu pengetahuan yang menghasilkan produk, barang dan jasa.
-       Teknologi adalah suatu yang menghasilkan barang dan jasa yang beritikan pada penerapan dan pengembangan.
-       Objek Teknologi
  • Aspek Ontologis adalah objek teknologi.
ü  Objek materi adalah mahluk hidup benda mati antara lain bahan dan alat.
ü  Objek Formal adalah teknologi dan pengetahuan terapan adalah pengetahuan yang dilakukan secara langsung.

  • Aspek Aksiologi adalah tujuan dan pemanfaatan teknologi;
ü  Untuk menghasilkan produk (barang dan jasa) yang sama dan baru.
ü  Untuk menghasilkan metotek dan pengetahuan yang baru.
ü  Untuk menghasilkan nilai tambah bagi kebutuhan manusia.
  • Aspek Efistemologi
ü  Why         = Karena adanya keinginan untuk menggunakan barang dan jasa
ü  How         = Pengkajian sampai pada Amplikasi Produk dan sampai juga menghasilkan barang dan jasa

Makassar, 06-09-2007
SEJARAH ASIA TENGGARA
Tema;
  1. Asia tenggara dalam Priodesasi
ü  Kurun waktu Pra-Europa
ü  Asia Tenggara selama babakan permulaan Ekspansi Europa
ü  Kurun waktu Ekspansi Teritorial Europa
ü  Nasionalisme dan tantangan terhadap dominasi Europa
  1. Sejarah modern awal Asia Tenggara
ü  Islamisasi Asia Tenggara
ü  Campa dalam system Maritim Asia Tenggara
ü  Pasang surut perkapalan China-Jawa
ü  Kebangkitan dan keruntuhan Ayyuthaya sebai pusat perdagangan Asia Tenggara
  1. Sejarah Modern awal Asia Tenggara yang ke-2
ü  Kebangkitan Makassar
ü  Keluarga Agung Indonesia pada Abad-17, Matoaya dan Pattingaloang di Makassar
ü  Kategorisasi Europa menurut orang Asia tenggara.
-          Jaringan perdagangan Global Asia Tenggara
ü  Kota dan kegiatan dagangnya
ü  Revolusi Agama
-     Falien
v  Itsie pada abad VII mualai aktif melakukan perjalanannya
v  Menurut K.A. Nilakanta Satria pengaruh itu terlihat pada tulisan
-     India Exterieure
v  Pengaruh Annam, Cochir, Ete di China
v  Pengaruh India yang cukup kuat di Indonesia
v  Seni dan Ersitektur
-     Penduduk yang terpenting dan tersulit yaitu Tradisi menghitung penduduk atau rumah tangga perpajakan dan pengaruh tenaga kerja
-     Ada beberapa Fakta yaitu:
v  Penemuan penduduk Jawa tengah dan Jawa Timur hingga tahun 1755
v  Pemerintahan Kolonial pada abad ke-19-20, dasarnya bagi tingkat pertambahan pusat.
v  Beberapa dilanda perang
v  Sampai tahun 1600 penduduk Asia Tenggara sangat jarang 5,5/km (Asia Selatan 32, dan China 37).
v  Konsentrasi
-     Variabel kependudukan
v  Membaiknya tingkat kesehatan waktu masuknya orang Eropa
v  Rendahnya kelahiran pada penganut Animisme
v  Pada Abad ke-17-20, dilakukannya Kristennisasi
v  Pemikiran pada dasarnya lemah, berpindah dan menetap kemana-mana semakin bertambah.


Makassar, 28-09-2007
-          Pengaru China dan India Asia tenggara sangat besar.
-          Pengaru China di Asia Tenggara masuk mulai hubungan perdagangan dan perluasan wilayah (Ch’in di China). Itu dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan seperti mangkok “Han” yang dijumpai di Broneo Timur.

PENGANTAR SEJARAH MODERN
ARISTOTELES (384-322 SM)
Nyaris tak terbayangkan, aristoteles seorang filosof dan ilmuan terbesar dalam dunia masa lampau. Dia memelopori penyelidikan Ihwa logika, memperkaya hamper tiap cabang filsafah dan memberi sumbangsi tak terperikan besarnya terhadap ilmu pengetahuan.
Banyak Ide-ide Aristoteles kini sudah ketinggalan zaman, tetapi yang paling penting dari apa yang pernah dilakukan Aristoteles adalah pendekatat rasional yang senantiasa melandasi karyanya. Tercermin dalam tulisan-tulisan Aristoteles sikapnya bahwa tiap segi kehidupan manusia atau masyarakat selalu terbuka untuk obyek pemikiran dan analisa. Pendapat Aristoteles, bahwa alam semesta tidaklah dikendalikan oleh seba kebetulan, oleh magi, oleh keinginan yang tak terjajaki, kehendak dewa yang terduga, melainkan tingkah laku alam semesta itu tunduk pada hokum-hukum rasional. Kepercayaan ini menurut Aristoteles diperlukan oleh manusia untuk mempertanyakan tiap aspek dunia alamiah secara sistematis dan kita mesti memanfaatkan baik pengamatan Empiris dan alasan-alasan logis sebelum mengambil keputusan. Rangkaian sikap-sikap ini bertolak belakang dengan tradisi, takhyul dan mistik telah mempengaruhi secara mendalam peradaban Eropa.
Aristoteles dilahirkan di kota Stragira, Macedonia 384 SM. Ayahnya seorang ahli fisika kenamaan. Pada umur 17 tahun Aristoteles pergi ke Athena belajar di akademi Plato, di menetap di sana selama 20 tahun hingga tak lama Plato meninggal dunia. Dari ayahnya, Aristoteles mungkin memperoleh dorongan minat di bidang biologi da “pengetahuan praktis”. Di bawah asuhan Plato  dia menanamkan minat dalam hal Spekulasi filisofis.
Pada tahu 342 SM Aristoteles pulang kembali ke Macedonia, menjadi guru seorang anak raja yang berumur 13 tahun, yang kemudian dalam sejarah terkenal dengan Alexander Yang Agung. Aristoteles mendidik si Alexander muda dalam beberapa tahun. Di tahun 335 SM, sesudah Alexander naik tahta kerajaan, Aristoteles kembali ke Athena dan disitu dibukanya sekolahnya sendiri, Lyceum. Dia berada di Athena 12 tahun, satu masa yang berbarengan dengan karier penaklukan militer Alexander. Alexander tidak minta nasehat kepada bekas gurunya, tetapi dia bebrbaik hati menyediakan dana buat Aristoteles untuk melakukan penyelidikan-penyelidikan. Mungkin ini merupakan contoh pertama dalam sejarah seorang ilmuan menerima jumlah dana besar dari pemerintah untuk maksud penyelidikan  dan sekaligus merupakan yang terakhir dalam abad-abad berikutnya.

Makassar, 11-09-2007
SOCRATES
Pemikiran Socrates disebut juga dengan pemikiran modern karena pemikiranya bersifat universal. Socrates berperpendapat bahwa;
  • Percaya bahwa manusia itu ada untuk suatu tujuan
  • Pengajaranya bukan menjelaskan, melainkan mengajukan pertanyaan
  • Percaya bahwa kebaikan berasal dari pengetahuan diri
  • Manusia pada dasarnya jujur
  • Pemerintahan yang Idel adalah melibatkan orang-orang yang bijak
  • Menunjukan kesalahan logika dari jawaban.
Pemikiran Socrates menjadi menarik apabila dibandingkan dengan pemikiran-pemikiran lain yang berkembang dimasyarakat, pemikiran Socrates menghilangkan diskrimina/perbedaan dengan kata lain bersifat universal atau menyeluruh.

Makassar, 18-09-2007
PLATO (427-3484 SM)
Plato (427-3484 SM) yang pemikiranya mengenai “Idea” yang mendasari agama besar, Plato juga menyumbangkan ajaran mengenai “Idea” menurut Plato, bahwa hanya Idea-lah yang realitas sejati, semua fenomena alam adalah bayangan-bayangan dari bentuknya (Idea) yang kekal. Plato mengembangkan pendekatan yang sifatnya rasional-deduktif. Inti dari ajaran Plato adalah mengerti hakekat akan sesuatu yang abadi adalah “Idea”.

SANTO AGUSTINUS
Pendapat Santos Agustinus adalah bahwa jiwa dan tuhan itu bersatu. Santo Agustinus mengajarkan menurut ajaran-ajaran dari Socrates, Plato, dan Aristoteles, tetapi yang menonjol dari ajaranya yaitu adanya “Trinitas” (Bapa, putera, dan Roh Kudus), yang Bapa itu Alla, Putera adalah Yesus, dan Roh Kudus adalah umat Kristen. Pandangan Santo Agustinus merupakan wujud formal dari agama Kristen pada awal abad ke-13.

Makassar, 29-09-2007
Fucino mendirikan Akademi Plato pada abad ke-13 (Neoplatonisme). Mengkongkritkan Idea menjadi roh yaitu bahwa yang kekal adalah roh yang bias bergerak dan tetap eksis. Konstantine Agung (330 M), Ia memeluk agama Kristen saat ingin berperang ia melihat tanda salib dan memeluk agama Kristen.

THOMAS AQUINAS (ABAD KE-13)
Thomas Aquinas (Abad ke-13) bahwa menurutnya adalah segala sesuatu telah ditentukan oleh kuasa prima (tuhan), Bumi diciptakan oleh tuhan. Thomas Aquinas juga berpendapat bahwa jiwa dan tuhan itu berpisah.

Makassar, 02-10-2007
RENA DESCARTES (1596-1650)
Descartes adalah bapak dari filosofis Modern (Father of modern Phylosopis), dan ia berpikir Rasionalisme antar lain:
  • Pengetahuan Primer yakni proses pemikiran dan penggalian kebenaran, berdasarkan kebenaranya yang mendahuluinya dan lebih pas, misalnya Bumi bulat gerak adalah penyebab panas.
  • Pengetahuan Skunder yaitu pengetahuan yang diperoleh dengan kemampuan mengkosepsi hasil dari persepsi (pengalaman) misalnya panas dengan cahaya.
  • Dasar dari pemikiranya dari pengetshusn general kepengetahuan special, metodenya disebut general deduktif, “Aku sebagai Induvidu sangsi terhadap apa yang aku persepsi, tetapi aku sadar karena aku ragu dan menjadi bukti dengan adanya aku secara sadar.

Cogito Ergu Sum yang artinya aku sadar atas keraguanku terhadap apa yang kupersepsi, tetapi justru itulah bahwa aku pusat bagian yang membawa kenyataan (Prima imala, akal, pikiran, materi).
Rena Descartes mengajak orang untuk berpikir, sedangkan Thomas Hobbes telah berpikir diluar cara berpikir tradisioanal. Hirarki dalam masyarakat atau hasil dari kompetisi  dari golongan, induvidu, kelompok dalam masyarakat.

Makassar, 23-10-2007
Sejarah pemikiran modern mengemukakan pemikiran-pemikiran yang relevan.
Rengkarnasi yang menurut plato dan Pythagoras adalah:
  • Bahwa roh tidak mati dan akan menjelma kembali (wujud manusia)/manusia berasal dari langit tetapi karena berdosa sehinngga diturunkan kebumi.
  • Bahwa roh tidak mati tetapi berpindah kelain atau lahir kembali dalam bentuk misanya manusia, binatang atau tumbuhan.

Sejak zaman dulu pemikiran modern sudah ada sampai sekarang. Dan pada zaman kegelapan  (pengetahuan) mewariskan spirit bagi Eropa seperti Fanatik agama.
Pada abad ke-12 dan abad ke-13 terdapat pemikiran yang universal antara lain:
  • Ultrarealisme Yaitu menggambarkan bahwa objektif terpisah dari subjek yaitu manusia (Universal) kasus-kasus pemisahan yaitu perbedaan pemikiran-pemikiran dalam universal dibedakan dari sifat yang spesifik sifatnya kenyataan (universal objektif)
  • Nominalisme yaitu pemikiran (tidak ada dalam dunia nyata) semacam patokan ukuran
  • Realismemoderat yaitu mengemukakan ada kemiripan antara objek yang satu dengan objek yang lain, yang gabungan antara realitas dan pemikiran

Makassar, 13-11-2007
Perbedaan basis monarki absolute dan gereja yaitu: 
  • Gereja basisnya ada pada desa,
  • Monarki absolute ada pada kaum borjuis
Sigmend frend “Stimuli” yaitu:
  • Id
  • Ego
  • Sperego

Dilihat dari fakta Social Emile Durkhim “The Devision of lator” (pemisahan-pemisahan perkerjaan) bahwa pada awalnya masyarakat bersifat homogeny, hubumngan-hubungan bersifat patrimomal/atau bersifat emosional. Contohnya orang yang dituakan membangunrumah kearah timur semua rumah membangun kearah timur, satu bertani semua bertani (masyarakat homogeny atau desa) ada keseragaman, tetapai setelah munculnya revolusi Industri semua berubah (berkembang) menjadi adanya spesialisasi pekerjaan. Masyarakat Patrimonial saling mengenal yang birokrasi (hubungan berdasarkan profesi).
-          Monarki yaitu Kerajaan/kekuasaan yang berdasarkan UU, jadi raja yang tidak berkuasa sepenuhnya
-          Revolusi prancis muncul dari pemikiran modern.
-          Monarki Absolud yaitu raja yang berkuasa sepenuhnya.
-          Demokrasi adalah “Berpendapat” (dari rakyat) “ada rasa kebersamaan”.
-          Anarki yaitu sama halnya dengan memikirkan kepentingan induvidu atau sendiri
-          Aritokrasi yaitu kekuasaan Aritokras merupakan golongan elit pada suatu Negara atau dengan kata lain memimpin kepentingan rakyat yang menyuruh dan memiliki juga rasa kebersamaan.
-          Oligraki merupakan kelompok yang memerintah untuk kepentingan kelompok mereka sendiri.
-          Sejarah dalam pemikiran Irasional yaitu berbicara mengenai masa lampau.

Rasional dalam pemikiran Rasional yaitu berbicara masa kini atau masa modern atau juga bepikir modern, dan pemikiran yang rasional seperti teknologi dan pemikiran yang Irasional seperti kepercayaan, keyakinan, mitos, dan dongeng. Sejarah pemikiran modern berpandang kebarat sebab dibarat tempat berkembanya teknologi, demokratis, system pemerintahanya, kemajuan seni, sastra barat selama ini menunjukan kehebatanya baik itu di bidang ekonomi, politik, social, dan lain-lain. Cirri-ciri dari pemikiran modern adalah adanya kebebasan berpikir dan universal.

Makassar, 20-11-2007
ADAM SMITH (1723-1790)
Adam Smith (1723-1790) dia berpendapat bahwa manusia adalah actor yang rasional. Dia lahir di kota Kirkcaldy (Skotlandia) pada tahun 1723, dia bealjar di Universitas Oxford. Dalam kesejahteraan pemikiranya Adam Smith ada 3 hal yaitu Negara, Induvidu yang bertindak/berpikir rasional, dan mekanisme pasar bebas.
Pada tahun 1751-1764 dia menjadi maha guru di Universitas Glasgow. Pada bukunya yang I yaitu,”Theory of moral Sentimens”. Yang mengangkat dirinya ketengah-tengah masyarakat Intelektual. Setelah itulah dia menerbitkan Ide Sentral The wealth Of Nations adalah pasar bebas yang bergerak menurut mekanisme pasar bebas yang dianggapnya secara otomatis bias memproduksi macam dan jumlah barang yang paling disenangi dan di perlukan masyarakat konsumen.

Pendapat adam Smith dalam suatu Negara yang dilakukan yaitu:
  • Hukum untuk menjamin terciptanya mekanisme pasar bebas
  • Menjamin pasar bebas
  • Pusat pajak dan bagian sarana dan prasarana ekonomi
  • Mempertimbangkan kemampuan ekonominya.
Puncak kemasyhuran  terutama terletak pada buku karya besaranya adalah An Inquiry Into The Nature And Causes Of The Wealth Of Nations, yang terbit pada tahun 1776. Pada tahun 1790 dia meninggal dan pada masa itu dia juga tidak pernah manikah.
Golbert yaitu Negara berperan aktif dalam ekonomi, dan Rosseou yaitu munculnya Negara karena adanya rakyat atau induvidu yang menyerahkan kekuasaan kepada raja.

DAVID RICARDO (1772-1823) HUKUM PERMINTAAN DAN PENAWARAN
David Ricardo (1772-1823), dia berpendapat bahwa hukum penawaran dan permintaan.
Pada tahun 1997/1998 terjadi krisis ekonomi akibat tidak adanya perdagangan bebas.
Pendapat David Ricardo agar dalam suatu Negara bisa makmur dan berkembang yaitu:
  • Pasar bebas
  • Peran Negara dibatasi
  • Menyediakan sarana dan prasarana
  • Memberikan kebebasan pada Induvidu
  • Harus mempertimbangkan kemampuan/potensi ekonomi dirinya.
  • Mengembangkan spesialisasi produksinya.

SEJARAH SULAWESI SELATAN SAMPAI DENGAN ABAD KE-17

Bugis di bentuk oleh Saukang sedangkan Makassar dibentuk oleh Gaukang. Pada zaman itu Gaukang memiliki kelompok kecil yang nantinya akan menjadi kelompok besar dan akan bersinggungan, perkumpulan kelompok-kelompok kecil dalam istilah Makassar adalah Borri. Setelah itu kelompok kecil itu di tantang oleh beberapa kelompok, dan akhirnya mereka bersatu membentuk satu kesatuan yang dinamakan “BORRI”, kemudian bergabung membentuk negeri dan mentik lagi kerajaan yang dipimpin oleh Peccalayian, yang lambang sebagai benderanya adalah Kasuwiyang Salapang. Mereka menyatakan bahwa yang menjadi pemimpin adalah dari luar “Tumanurung Baineya” yang ditempatkan di Tamalate yang artinya tidak layu. Setelah itu dating seseorang dari selatan yang bernama Karaeng Bayo, sedangkan seseorang yang dating dari Toraja adalah La Kipadada. Lakeung adalah tempat pemakaman Raja.


Kerajaan Soppeng
Kejaan Soppeng yang semenjak tahun 1957 berubah menjadi daerah otonomi tingkat II dan ststusnya sebagai kerajaan/Swapraja berakhir untuk selama-lamanya, (lebih kurang 650 tahun). Selama itu ia telah mengalami banyak peristiwa pengolakan politik, baik dengan raja-raja dalam negeri sendiri maupun dengan raja tetangganya, seperti Bone, Wajo, Sidenreng, dan Gowa.
Semenjak zaman dahulu sampai pada masa sekarang ini Soppeng terkenal sebagai daerah yang makmur, tanahnya subur menghasilkan banyak padi, jagung, kacang-kacangan, bawang, dan lain-lain. Ibukota Soppeng sekarang ini adalah Waransopeng, jumlah penduduk sampai sekarang ini adalah sekitar lebih kurang 200000 jiwa dengan luas lebih kurang 1400 km2. Menurut silsilah raja-raja Soppeng, telah tercatat 36 orang raja.

Arti Dan Asal Usul Nama Soppeng
Pada usaha-usaha dan penelusuran historis mengenai asal-usul Nama Soppeng biasanya didasarkan atas sumber-sumber Tidak tertulis yakni pengungkapan dari sudut Etimologis.
 Pada sudut ini penelusuran asal-usul nama Soppeng ini dapat dikelompokkan menjadi dua versi yaitu: Versi pertama memandang bahwa pada dasarnya nama “Soppeng” diambil dari sebuah pohon yang buahnya menyerupai anggur dan orang Bugis menyebutnya buah “Caloppeng” atau sering disebut “Coppeng”.
Pada bagian awal dari buku ini “Kabupayen Dati II Soppeng Dulu dan Sekarang” disebutkan bahwa:
“Menurut riwayat bahwa didekat bekas asrama kerajaan Soppeng, tumbuh sebuah pohon Coppeng yang sangat besar. Untuk menyatukan kebesaran itu maka bunyi “C” pada Coppeng menjadi “S” pada soppeng”.
Berpegang pada kutipan di atas, kemudian timbul dugaan dari anggota masyarakat khususnya daerah soppeng bahwa kemungkinan besar nama Soppeng diambil dari kata Coppeng.
Berbeda halnya dengan hal pengertian di atas, versi kedua menyoroti arti nama Soppeng itu sendiri dari sudut penggunaan bahasa daerah Bugis.
Dalam hal ini kata “Soppeng” dipandang sebagai hasil penggabunga kata yaitu kata “Sosso” dan kata “Lappeng”, masing-masing berarti turun dan nama tempat (yang disebut Lappeng).
Gambar yang jelas mengenai asal-usul nama Soppeng dapat dilihat pada buku Kabupaten Dati II Soppeng Dulu dan Sekarang, antara lain sebagai berikut:
“Soppeng diambil dari kata Sosso + Lappeng. Jadi So (sso) + (La) ppeng. Maksudnya, bahwa orang Soppeng itu (Sosso) dari selvo ke Lappeng ialah tempat sebuah istana Datu Soppeng Sosso berarti turun atau pindah”.
Tampak jelas dalam kutipan di atas, bahwa nam soppeng itu merupakan hasil penggabungan dari dua kata bugis. Dengan demikian, asal kata Soppeng dalah Soo Loppeng, kemudian melalui proses penyderhanaan struktur bahasa Bugis berubah pula menjadi Soppeng.

Permulaan Kerajaan Soppeng
Kira-kira disekitar tahun 1300 terdapat berbagai suku yang dikepalai oleh seorang pejabat yang digelar Matowa. Suku itu mendiami sebuah Kampong (Desa) atau gabungan kampung sesuai dengan besar kecilnya suku itu.
Pada umumnya orang berpendapat bahwa orang-orang Soppeng mulanya berasal dari negeri Luwu, yaitu sebuah kerajaan tertua di Sulawesi Selatan dan Tenggara. Pada zaman dahulu raja-raja Luwu mengutus seorang utusannya pergi ke Soppeng untuk menyelesaikan berbagai kesulitan yang tak dapat diselesaikan oleh Matowa-Matowa itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar